Hubungan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Status Kesehatan Gingiva pada Penyandang Tunanetra di Panti Tunanetra Manado

Authors

  • Shinta Takahindangen

DOI:

https://doi.org/10.35790/eg.1.2.2013.3214

Abstract

Pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk terbentuknya tindakan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pengetahuan dapat diperoleh antara lain melalui indra penglihatan. Penyandang tunanetra memiliki keterbatasan dalam penglihatan yang memengaruhi kemampuan dalam memperoleh pengetahuan dan memengaruhi tindakan menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka. Penyandang tunanetra beresiko tinggi mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut sehingga berdampak pula pada status kesehatan gingiva mereka. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dengan status kesehatan gingiva pada penyandang tunanetra di panti tunanetra Manado.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional study. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan pemeriksaan status kesehatan gingiva menggunakan Modifikasi Indeks Gingiva. Data diperoleh dari 39 responden pada kelompok usia 11-40 tahun dengan menggunakan teknik total sampling. Data disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan tidak ada hubungan bermakna antara pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dengan status kesehatan gingiva (p = 0,614).
Kata kunci : pengetahuan kesehatan gigi dan mulut, tunanetra, status kesehatan gingiva

ABSTRACT
Knowledge of dental health are important for the formation of action in oral health behaviour. Knowledge can be obtained, among others, through the sense of sight. Visually impaired people have limited vision that affects the ability to acquire knowledge and influence the action to maintain their oral health. They are at high risk for oral health problems that impact the gingival status. The aim of this study was to determine the correlation between dental health knowledge with gingival status in visually impaired people in Residence for visually impaired people in Manado. This study is a descriptive analytic study using a cross-sectional design. Dental health knowledge were assessed using the questionnaire and their gingival status was measured by Modified Gingival Index. Data obtained from 39 respondents in the age group 11-40 years by using the total sampling. Data presented in the form of a frequency distribution table. The results of study showed that there was no statistically significant correlation between oral health knowledge and gingival status (p = 0.614).
Keywords : dental knowledge , visually impaired, gingival status

Downloads

Published

2013-11-12

How to Cite

Takahindangen, S. (2013). Hubungan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Status Kesehatan Gingiva pada Penyandang Tunanetra di Panti Tunanetra Manado. E-GiGi, 1(2). https://doi.org/10.35790/eg.1.2.2013.3214