STATUS KARIES DAN KADAR FLUOR YANG DIKONSUMSI PENDUDUK USIA 12 – 14 TAHUN DI DESA WIAU LAPI BARAT

Authors

  • Agie Leondra Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35790/eg.2.1.2014.4815

Abstract

Abstract: Dental caries is microbiological disease on dental hard tissue which caused localized demineralization from inorganic structure and destruction of organic substantive part of dental. Fluor protects teeth from caries, by deliberating metabolism of plaque bacteria which could make carbohydrate fermentation through hydroxide-apatite transform into fluor-apatite which more stabilize and acid resistant. The aim of this research is to identify the rate of caries grade among adolescent aged 12 – 14 years and the amount of fluor proportion by consumed in the daily consumed West Wiau Lapi village. This research is descriptive cross-sectional research. Respondent amount is 59 and this research using total sampling method. The result of caries degree is calculated by DMF-T index and fluor analyzing using Spectrofotometer and the length of wave is 525 nm. This research concluded that the caries grade arrange in intermediate degree, and the fluor amount posture is  very low.

Keyword: caries grade, fluor amount

 

 

Abstrak: Karies gigi adalah penyakit mikrobiologis struktur keras gigi yang menyebabkan demineralisasi terlokalisasi dari bagian inorganik dan kerusakan dari substansi organik yang berawal dari permukaan eksternal dari gigi. Fluor berfungsi melindungi gigi dari karies, dengan cara menghambat metabolisme bakteri plak yang dapat memfermentasi karbohidrat melalui perubahan hidroksi-apatit pada enamel menjadi flour-apatit yang lebih stabil dan lebih tahan terhadap pelarutan asam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran derajat karies anak-anak usia 12-14 tahun dan kadar fluor dalam air minum yang dikonsumsi di desa Wiau Lapi Barat.  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif potong lintang. Penelitian ini menggunakan metode total sampling dan mempunyai responden penelitian berjumlah 59 orang. Hasil perhitungan derajat karies dihitung dengan indeks DMF-T dan uji fluor digunakan alat spektrofotometer dengan panjang gelombang 525 nm, dari hasil penelitian disimpulkan bahwa derajat karies di desa Wiau Lapi Barat dalam status menengah dan kandungan fluor sangat rendah.

Kata kunci: status karies, kadar fluor

Author Biography

Agie Leondra, Universitas Sam Ratulangi

Kandidat Skripsi Program Studi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Unsrat

Downloads

How to Cite

Leondra, A. (2014). STATUS KARIES DAN KADAR FLUOR YANG DIKONSUMSI PENDUDUK USIA 12 – 14 TAHUN DI DESA WIAU LAPI BARAT. E-GiGi, 2(1). https://doi.org/10.35790/eg.2.1.2014.4815

Issue

Section

Articles