Efektivitas Dental Health Education dengan Metode Demonstrasi terhadap Peningkatan Pengetahuan Menyikat Gigi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Lovely T. A. Gonie Universitas Sam Ratulangi
  • Vonny N. S. Wowor Universitas Sam Ratulangi
  • Ni Wayan Mariati Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35790/eg.v13i2.57297

Abstract

Abstract: Dental caries is still a health problem experienced by many children in Indonesia. One of the factors that influence dental caries is behavioral factor. Changing behavior can be done by intervening through dental health education, especially about tooth brushing. One method that encourages the target to participate actively and involves many senses is the demonstration method. This study aimed to find out the effectiveness of dental health education (DHE) accompanied by demonstration method on increasing knowledge of tooth brushing among elementary school students. This was a quasi-experimental study with a non-equivalent control group design, using pretest and posttest for the treatment and control groups that were already determined. Samples were 100 students of SD Advent Paal 2 Manado, divided into two equal groups: control group (DHE without demonstration method) and treatment group (DHE with demonstration method). The Wilcoxon test showed that the p-value of dental health education with or without demonstration method was 0.000 (p<0.05), which meant an increase in knowledge after treatment with DHE. However, based on the obtained scores, the difference in the increase in the treatment group was greater than that of the control group. In conclusion, dental health education using demonstration method can increase effectively the knowledge about tooth brushing among elementary school students.

Keywords: dental health education; demonstration; knowledge about tooth brushing

 

Abstrak: Karies gigi masih menjadi masalah kesehatan gigi dan mulut yang dialami oleh banyak anak di Indonesia. Salah satu faktor yang berpengaruh pada penyakit karies gigi yaitu faktor perilaku. Untuk mengubah perilaku, dapat dilakukan intervensi melalui pemberian dental health education (DHE) pada anak, terutama yang berkaitan dengan menyikat gigi. Salah satu metode yang mendorong sasaran untuk ikut secara aktif dan melibatkan banyak indra yaitu metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas DHE dengan metode demonstrasi terhadap peningkatan pengetahuan menyikat gigi siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ialah quasi experimental dengan non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan pretest dan posttest pada kelompok perlakuan dan kontrol yang sudah ditentukan. Sampel penelitian ialah 100 siswa kelas V dan VI SD Advent Paal 2 Manado, dibagi ke dalam dua kelompok; kelompok perlakuan (pemberian DHE disertai metode demonstrasi) dan kelompok kontrol (pemberian DHE tanpa disertai metode demonstrasi). Hasil uji Wilcoxon terhadap kedua kelompok mendapatkan nilai p=0,000 (p<0,05), yang menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan sesudah diberikan DHE. Walaupun demikian, dari perolehan skor yang didapat, selisih peningkatan pada kelompok perlakuan lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Simpulan penelitian ini ialah pemberian dental health education dengan metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan pengetahuan menyikat gigi siswa sekolah dasar.

Kata kunci: dental health education: demonstrasi: pengetahuan menyikat gigi

Author Biographies

Lovely T. A. Gonie, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia

Vonny N. S. Wowor, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia

Ni Wayan Mariati, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia

References

Marimbun BE, Mintjelungan CN, Pangemanan DHC. Hubungan tingkat pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut dengan status karies gigi pada penyandang tunanetra. e-GiGi. 2016;4(2):177–82. Doi: https://doi.org/10.35790/eg.4.2.2016.13924

Network GB of DC. Global burden of disease study 2019 (GBD 2019). Seattle: Institute of Health Metrics and Evaluation (IHME); 2020. Available from: https://ghdx.healthdata.org/gbd-2019

Riskesdas. Hasil utama riset kesehatan dasar. Kementerian Kesehat Republik Indones. 2018:1–100.

Riskesdas Sulut. Laporan provinsi Sulawesi Utara riskesdas 2018. Vol 110.; 2018.

Katili L, Anindita PS, Juliatri J. Gambaran perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut siswa sekolah dasar. e-GiGi. 2022;10(1):46. Doi: https://doi.org/10.35790/eg.v10i1.37608

Pitoy AD, Wowor VNS, Leman MA. Efektivitas dental health education menggunakan media audio visual dalam meningkatkan pengetahuan siswa sekolah dasar. e-GiGi. 2021;9(2):243. Doi:10.35790/eg.v9i2.34903

Butarbutar AH, Siregar AS. Pengaruh metode demonstrasi dan metode ekspositori terhadap hasil belajar mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. J Pendidik Teknol dan Kejuru. 2018;20(1):14-23. Doi: https://doi.org/10.24114/jptk.v20i1.11044

Gafur A. Peningkatan hasil belajar IPA terpadu melalui metode demonstrasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sano Nggoang Manggarai Barat tahun pelajaran 2017/2018. JISIP. 2018;2(1):144–61. Doi: http://dx.doi.org/ 10.58258/jisip.v2i1.249

Endayani TB, Rina C, Agustina M. Metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. J Pendidik MI/SD. 2020;5(2):150–58. Doi: 10.32505/al-azkiya.v5i2.2155

Aritonang NJ, Purba R. Gambaran efektifitas penyuluhan dengan media poster dan phantom gigi terhadap tingkat pengetahuan tentang. J Ilmiah PANNMED. 2017;11(3):177–80. Doi: 10.36911/pannmed.v11i3.97

Prasko, Sutomo B, Santoso B, Hairul M. Penyuluhan metode audio visual dan demonstrasi terhadap pengetahuan menyikat gigi pada anak sekolah dasar. J Kesehat Gigi. 2016;03(2):53–7. Doi: https://doi.org/ 10.31983/jkg.v3i2.1784

Sulistiani S, Hanum NA. Efektifitas penyuluhan dengan metode ceramah disertai demonstrasi secara virtual dalam meningkatkan pengetahuan menyikat gigi anak kelas 5 SD. J Kesehat Gigi dan Mulut. 2020;2(2):23–6. Doi: https://doi.org/10.36086/jkgm.v2i2.752

Downloads

Published

2025-01-05

How to Cite

Gonie, L. T. A., Wowor, V. N. S., & Mariati, N. W. (2025). Efektivitas Dental Health Education dengan Metode Demonstrasi terhadap Peningkatan Pengetahuan Menyikat Gigi Siswa Sekolah Dasar. E-GiGi, 13(2), 266–271. https://doi.org/10.35790/eg.v13i2.57297

Issue

Section

Articles