Efektivitas Dental Health Education dengan Metode Demonstrasi terhadap Peningkatan Pengetahuan Menyikat Gigi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35790/eg.v13i2.57297Abstract
Abstract: Dental caries is still a health problem experienced by many children in Indonesia. One of the factors that influence dental caries is behavioral factor. Changing behavior can be done by intervening through dental health education, especially about tooth brushing. One method that encourages the target to participate actively and involves many senses is the demonstration method. This study aimed to find out the effectiveness of dental health education (DHE) accompanied by demonstration method on increasing knowledge of tooth brushing among elementary school students. This was a quasi-experimental study with a non-equivalent control group design, using pretest and posttest for the treatment and control groups that were already determined. Samples were 100 students of SD Advent Paal 2 Manado, divided into two equal groups: control group (DHE without demonstration method) and treatment group (DHE with demonstration method). The Wilcoxon test showed that the p-value of dental health education with or without demonstration method was 0.000 (p<0.05), which meant an increase in knowledge after treatment with DHE. However, based on the obtained scores, the difference in the increase in the treatment group was greater than that of the control group. In conclusion, dental health education using demonstration method can increase effectively the knowledge about tooth brushing among elementary school students.
Keywords: dental health education; demonstration; knowledge about tooth brushing
Abstrak: Karies gigi masih menjadi masalah kesehatan gigi dan mulut yang dialami oleh banyak anak di Indonesia. Salah satu faktor yang berpengaruh pada penyakit karies gigi yaitu faktor perilaku. Untuk mengubah perilaku, dapat dilakukan intervensi melalui pemberian dental health education (DHE) pada anak, terutama yang berkaitan dengan menyikat gigi. Salah satu metode yang mendorong sasaran untuk ikut secara aktif dan melibatkan banyak indra yaitu metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas DHE dengan metode demonstrasi terhadap peningkatan pengetahuan menyikat gigi siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ialah quasi experimental dengan non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan pretest dan posttest pada kelompok perlakuan dan kontrol yang sudah ditentukan. Sampel penelitian ialah 100 siswa kelas V dan VI SD Advent Paal 2 Manado, dibagi ke dalam dua kelompok; kelompok perlakuan (pemberian DHE disertai metode demonstrasi) dan kelompok kontrol (pemberian DHE tanpa disertai metode demonstrasi). Hasil uji Wilcoxon terhadap kedua kelompok mendapatkan nilai p=0,000 (p<0,05), yang menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan sesudah diberikan DHE. Walaupun demikian, dari perolehan skor yang didapat, selisih peningkatan pada kelompok perlakuan lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Simpulan penelitian ini ialah pemberian dental health education dengan metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan pengetahuan menyikat gigi siswa sekolah dasar.
Kata kunci: dental health education: demonstrasi: pengetahuan menyikat gigi
References
Marimbun BE, Mintjelungan CN, Pangemanan DHC. Hubungan tingkat pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut dengan status karies gigi pada penyandang tunanetra. e-GiGi. 2016;4(2):177–82. Doi: https://doi.org/10.35790/eg.4.2.2016.13924
Network GB of DC. Global burden of disease study 2019 (GBD 2019). Seattle: Institute of Health Metrics and Evaluation (IHME); 2020. Available from: https://ghdx.healthdata.org/gbd-2019
Riskesdas. Hasil utama riset kesehatan dasar. Kementerian Kesehat Republik Indones. 2018:1–100.
Riskesdas Sulut. Laporan provinsi Sulawesi Utara riskesdas 2018. Vol 110.; 2018.
Katili L, Anindita PS, Juliatri J. Gambaran perilaku pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut siswa sekolah dasar. e-GiGi. 2022;10(1):46. Doi: https://doi.org/10.35790/eg.v10i1.37608
Pitoy AD, Wowor VNS, Leman MA. Efektivitas dental health education menggunakan media audio visual dalam meningkatkan pengetahuan siswa sekolah dasar. e-GiGi. 2021;9(2):243. Doi:10.35790/eg.v9i2.34903
Butarbutar AH, Siregar AS. Pengaruh metode demonstrasi dan metode ekspositori terhadap hasil belajar mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. J Pendidik Teknol dan Kejuru. 2018;20(1):14-23. Doi: https://doi.org/10.24114/jptk.v20i1.11044
Gafur A. Peningkatan hasil belajar IPA terpadu melalui metode demonstrasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sano Nggoang Manggarai Barat tahun pelajaran 2017/2018. JISIP. 2018;2(1):144–61. Doi: http://dx.doi.org/ 10.58258/jisip.v2i1.249
Endayani TB, Rina C, Agustina M. Metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. J Pendidik MI/SD. 2020;5(2):150–58. Doi: 10.32505/al-azkiya.v5i2.2155
Aritonang NJ, Purba R. Gambaran efektifitas penyuluhan dengan media poster dan phantom gigi terhadap tingkat pengetahuan tentang. J Ilmiah PANNMED. 2017;11(3):177–80. Doi: 10.36911/pannmed.v11i3.97
Prasko, Sutomo B, Santoso B, Hairul M. Penyuluhan metode audio visual dan demonstrasi terhadap pengetahuan menyikat gigi pada anak sekolah dasar. J Kesehat Gigi. 2016;03(2):53–7. Doi: https://doi.org/ 10.31983/jkg.v3i2.1784
Sulistiani S, Hanum NA. Efektifitas penyuluhan dengan metode ceramah disertai demonstrasi secara virtual dalam meningkatkan pengetahuan menyikat gigi anak kelas 5 SD. J Kesehat Gigi dan Mulut. 2020;2(2):23–6. Doi: https://doi.org/10.36086/jkgm.v2i2.752
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lovely T. A. Gonie, Vonny N. S. Wowor, Ni Wayan Mariati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
COPYRIGHT
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors hold their copyright and grant this journal the privilege of first publication, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that permits others to impart the work with an acknowledgment of the work's origin and initial publication by this journal.
Authors can enter into separate or additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (for example, post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its underlying publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).