Tingkat Kepercayaan Diri Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi: Studi Pengukuran dengan ABC Test

Authors

  • Agus Ardinansyah Universitas YARSI
  • Muhamad F. Akbar Universitas YARSI
  • Okky M. Ardy Universitas YARSI
  • Irfan Sugianto Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.35790/eg.v13i2.58971

Abstract

Abstract: Academic success among students is often measured by the achievements they attain; one of which is on-time graduation. One factor that can influence academic achievement is academic self-confidence. The ABC test questionnaire is used to measure academic self-confidence. This study aimed to analyze the differences in academic self-confidence between undergraduate and
professional students at the Faculty of Dentistry, Universitas YARSI, using the ABC test. This was a comparative and analytical study with a cross-sectional design. Subjects consisted of 270 students, including both undergraduate and professional students. The results showed that the academic self confidence of undergraduate students was assessed, as follows: very good (55.7%), good (43.5%),
and low (0.8%). Meanwhile, academic self-confidence of professional students was assessed as follows: very good (46%), good (53.2%), and low (0.7%). Statistical analysis revealed a significant difference in the academic self-confidence levels between undergraduate and professional students, with a p-value of 0.015. In conclusion, there is a significant difference in the academic self confidence levels between undergraduate and professional students at the Faculty of Dentistry, Universitas YARSI.
Keywords: self-confidence; dental education; undergraduate student; professional student; ABC test


Abstrak: Keberhasilan akademik mahasiswa sering kali diukur melalui prestasi yang dicapai, salah satunya ialah kelulusan tepat waktu. Salah satu faktor yang memengaruhi prestasi akademik ialah kepercayaan diri akademik. Untuk mengukur tingkat kepercayaan diri akademik, digunakan kuesioner ABC test. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat kepercayaan diri akademik antara mahasiswa tingkat sarjana dan mahasiswa tingkat profesi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI, dengan menggunakan ABC test. Jenis penelitian ini ialah analitik komparatif dengan desain potong lintang. Subjek penelitian terdiri dari 270 mahasiswa, yang terdiri dari mahasiswa tingkat sarjana dan mahasiswa tingkat profesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa tingkat sarjana memiliki penilaian kepercayaan diri akademik sangat baik (55,7%), baik (43,5%), dan rendah (0,8%). Mahasiswa tingkat profesi memiliki penilaian kepercayaan diri akademik sangat baik (46%), baik (53,2%), dan rendah (0,7%). Analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan bermakna antara tingkat kepercayaan diri akademik mahasiswa tingkat sarjana dan mahasiswa tingkat profesi, dengan nilai p=0,015. Simpulan penelitian ini ialah terdapat perbedaan bermakna antara tingkat kepercayaan diri akademik mahasiswa tingkat sarjana dan mahasiswa tingkat profesi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI.
Kata kunci: kepercayaan diri; pendidikan kedokteran gigi; mahasiswa sarjana; mahasiswa profesi;
ABC test

Author Biographies

Agus Ardinansyah, Universitas YARSI

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI, Jakarta, Indonesia

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia

Muhamad F. Akbar, Universitas YARSI

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI, Jakarta, Indonesia

Okky M. Ardy, Universitas YARSI

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas YARSI, Jakarta, Indonesia

Irfan Sugianto, Universitas Hasanuddin

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia

References

Azizah S, Pragustine Y. Gambaran tingkat kepercayaan diri mahasiswa profesi dalam melakukan perawatan gigi tiruan lengkap (Laporan Penelitian). J Kedokt Gigi Terpadu. 2022;4(2):67–9. Doi:10.25105/jkgt.v4i2.15550

Andiwijaya D, Liauw F. Pusat Pengembangan Kepercayaan Diri. J Sains, Teknol Urban, Perancangan, Arsit. 2020;1(2):1695. https://doi.org/10.24912/stupa.v1i2.4487

Sholihah M. Solusi terhadap Problem percaya diri (self confidance). J Al Ghazali J Kaji Pendidik Islam dan Stud Islam. 2021;4:30–45. https://doi.org/10.52484/al_ghazali.v4i1.197

Odelia N, Pramesti AS, Aligrea ANS. Karsima AD. Sosialisasi membangun rasa percaya diri pada anak SMAN 1 Polokarto. Karunia. 2023;2(3):181-6. Doi: https://doi.org/10.58192/karunia.v2i3.1186

Dewi PTIC, Puspadewi KR, Wibawa KA. Pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Denpasar: Mahasaraswati Semin Nas Pendidik Mat; 2020. p. 77–86.

Putri MP, Rachmawati TK. Manfaat self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Gunung Djati Conf Series. 2022;12:45–9.

Widyawati H. Aspek hukum mahasiswa pendidikan profesi dokter gigi dalam pelayanan kesehatan. J Juristic. 2021;2(2):166. Doi: http://dx.doi.org/10.35973/jrs.v2i02.2407

Setyawan IWGAF, Sundariyati IGAH, Darmayanti IGAS, Ganesha IGH. Hubungan penilaian diri dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan dokter jenjang pre klinik angkatan 2020 Universitas Udayana. Jurnal Medika Udayana. 2023;12(1). Available from: http://doi.org/10.24843.MU.2023.V12.i1.P11

Qodris R, Lutfianawati D, Widodo S, Lestari SMP. Hubungan kepercayaan diri dengan mekanisme koping dalam menghadapi skripsi mahasiswa kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2019. Prepotif. 2023;7(1):1079–91. Available from: https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.13876

Hamraoui Y, Attouche N, Housbane S, Agoub M. Self-esteem and assertiveness in medical students in Casablanca, Morocco. Middle East Curr Psychiatry. 2023;30:1–6. Doi: https://doi.org/10.1186/s43045-023-00325-1

Sandra SA, Werdiningsih CE. Pengaruh rasa percaya diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. 2021:259–64.

Badriyah U, Winarso W. Korelasi Tingkat kepercayaan diri terhadap prestasi belajar mahasiswa di IAIN Syekh Nurjati Cirebon (Studi pada calon pendidik matematika). J Pendidik Mat. 2018;5(2):15. Doi:10.5281/zenodo.496193

Sri M, Lakshmanan I. Self-esteem and assertiveness among medical and non-medical students. Int J Multidiscip Res Arts. 2023;3(1):23-34. Doi:10.1186/s43045-023-00325-1

Nayak BS, Sridevi V, Sahu P, Subbaramaiah N, Telang L, Goudappala P, et al. Students’ engagement and perceptions of small group tutorial classes among undergraduate medical students. J Adv Med Educ Prof. 2021;9(1):18–25. Doi: 10.30476/jamp.2020.86925.1280

Umboh MP, Pali C, David LEV. Perbedaan tingkat optimisme pada mahasiswa semester awal dan mahasiswa semester akhir strata satu Fakultas Kedokteran. Medical Scope Journal. 2020;1(2):44–9. Doi: https://doi.org/10.35790/msj.v1i2.27716

Syafrullah H, Rokayah C, Nurdini R. Hubungan kepercayaan diri dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa kelas alih transfer Program Sarjana Keperawatan. J Keperawatan Jiwa. 2019;5(2):72. Doi: https://doi.org/10.26714/jkj.5. 2.2017.72-76

Husna N, Arif LS, Wahid M. Hubungan antara self-efficacy terhadap prestasi akademik pada mahasiswa Kedokteran Gigi (Tinjauan Pustaka). Cakradonya Dent J. 2022;14(2):112–21. Doi: https://doi.org/10.24815/cdj.v14i2.29954

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Ardinansyah, A., Akbar, M. F., Ardy, O. M., & Sugianto, I. (2024). Tingkat Kepercayaan Diri Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi: Studi Pengukuran dengan ABC Test. E-GiGi, 13(2), 253–258. https://doi.org/10.35790/eg.v13i2.58971

Issue

Section

Articles