Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Pasca Prosedur Bedah Mulut di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado

Authors

  • Valentino C. J. Sumajouw Universitas Sam Ratulangi
  • Victor T. Pamolango Universitas Sam Ratulangi
  • Ni Wayan Mariati Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35790/eg.v13i2.60186

Abstract

Abstract: Dental and oral health services are essential to achieve better health. Key considerations in providing patient care include satisfaction and safety. Patient satisfaction towards service quality is assessed through five dimensions: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. This study aimed to obtain the level of patients’ satisfaction after oral surgery towards the services at Prof. Dr. R. D. Kandou Hospital Manado. This was a descriptive and survey study, involving 53 respondents undergoing oral surgery procedures at the hospital. The results showed that the majority of patients were highly satisfied towards the healthcare provided by the medical staff at Prof. Dr. R. D. Kandou Manado Hospital, with the percentages of 81% for tangibles, 82% for reliability, 89% for responsiveness, 87% for assurance, and 86% for empathy. In conclusion, the majority of patients at Prof. Dr. R. D. Kandou Manado Hospital express high satisfaction with the services provided by the medical staff.

Keywords: healthcare services; patient satisfaction level; service quality

  

Abstrak: Pelayanan kesehatan gigi dan mulut sangat dibutuhkan masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan yang lebih baik. Hal yang harus diperhatikan dalam pelayanan kepada pasien yaitu kepuasan dan keamanan pasien. Kepuasan pasien terhadap suatu kualitas pelayanan dapat dinilai dengan lima dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien yang menjalani prosedur bedah mulut terhadap pelayanan di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jenis penelitian ialah survei deskriptif dengan melibatkan 53 responden yang melakukan prosedur bedah mulut di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sebagian besar pasien merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh tenaga medis di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado dengan persentase 81% tangible, 82% reliability, 89% responsiveness, 87% assurance, dan 86% empathy. Simpulan penelitian ini ialah sebagian besar pasien yang menjalani prosedur bedah mulut di RSUP Prof. Dr. R. D Kandou Manado merasa sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh tenaga medis.

Kata kunci: pelayanan kesehatan; tingkat kepuasan pasien; service quality

Author Biographies

Valentino C. J. Sumajouw, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia

Victor T. Pamolango, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia

Ni Wayan Mariati, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado, Indonesia

References

Tjiptono F. Strategi Pemasaran (4th ed). Yogyakarta: Andi; 2017.

Pohan IS. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC; 2007.

Inra R. Faktor-faktor penyebab penundaan pencabutan gigi di RSGMP DRG HJ Halimah Daeng Sikati FKG Unhas Periode April-Mei 2013 [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2013.

John J, Yatim FM, Mani SA. Measuring service quality of public dental health care facilities in Kelantan. Malaysia. Asia Pac J Public Health. 2011;23(5):742-53. Doi: 10.1177/1010539509357341

Kencana GP, Novita M, Adiatmoko W. Tingkat kepuasan pasien terhadap pencabutan gigi oleh mahasiswa profesi di klinik bedah mulut RSGM Universitas Jember. Prosiding the 3th Dentistry Scientific Meeting of Jember. 2013. p. 56-63. Available from: repository.unej.ac.id/bitstream/handle/ 123456789/79945/8.%20Gita%20Putri%20Kencana%20dkk.pdf

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2017.

Etikan I, Abubakar S, Musa RSA. Comparison of convenience sampling and purposive sampling. Am J Theor Appl Stat. 2016;5(1):1-4. Doi: 10.11648/j.ajtas.20160501.11

Al Amin M, Juniati D. Klasifikasi kelompok umur manusia berdasarkan analisi dimensi fraktal Box Counting dari citra wajah dengan deteksi tepi canny. Mathunesa. 2017;2(6):1-10. Available from: https:// media.neliti.com/media/publications/249455-none-23b6a822.pdf

Ramli M. Preferensi laki-laki dan perempuan dalam memilih fasilitas pelayanan kesehatan pada pasien di puskemas kassi-kassi. Predestination. 2022;2(2). Available from: https:// ojs.unm.ac.id/predestination/ article/view/33322/15844

Ruus AAS. Tucunan AAT. Mandagi CKF. hubungan antara persepsi mutu jasa pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit gmim siloam sonder 91. Jurnal KESMAS. 2019;8(7). Available from: https:// ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/26636

Fadjeri I, Anggreni E, Nurilawaty V, Lestari SY, Ardine SW. Faktor penyebab tindakan pencabutan gigi permanen di Klinik Kemang Confidental Care periode Januari-Desember 2019. Journal of Dental Hygiene and Therapy (JDHT). 2020;1(1):21-5. Doi: 10.36082/jdht.v1i1.122

Hidana R, Shaputra R. Maryati H. Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh pasien luar wilayah di Puskesmas Tanah Sareal Kota Bogor tahun 2018. Promotor. 2018;1(2):105–14. Available from: https://core.ac.uk/download/pdf/230813973.pdf

Fenanlampir IJ, Ni Wayan Mariati, Hutagalung B. Gambaran indikasi pencabutan gigi dalam periode gigi bercampur pada siswa SMP Negeri 1 Langowan. e-GiGi. 2014;2(2). Doi: https://doi.org/10.35790/ eg.2.2.2014.5828

Wardhana ES, Sugiarto FA, Ryendra RN. Peningkatan pemahaman masyarakat tentang tindakan pencabutan gigi dan persetujuan tindakan kedokteran (Informed Consent) dalam pelayanan kesehatan di Kabupaten Tegal. DentMas. 2023;1(1). Available from: jurnal.unissula.ac.id/index.php/dentmas/article/view/31887/8650

Downloads

Published

2025-02-09

How to Cite

Sumajouw, V. C. J., Pamolango, V. T., & Mariati, N. W. (2025). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Pasca Prosedur Bedah Mulut di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. E-GiGi, 13(2), 325–329. https://doi.org/10.35790/eg.v13i2.60186

Issue

Section

Articles