PENGARUH KUALITAS SIARAN, PROMOSI DAN PENETAPAN HARGA TERHADAP PENGGUNAAN IKLAN DI RRI MANADO

Authors

  • Lewiando Katiandagho Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Joyce Lapian Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Agus Supandi Soegoto Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.10111

Abstract

Persaingan yang semakin ketat dalam berbagai macam dunia usaha hampir terjadi pada seluruh industri dan jasa termasuk di dalamnya RRI Manado yang bergerak dibidang  jasa penyedia Iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Siaran, Promosi dan Penetapan Harga terhadap Penggunaan Iklan baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Populasi berjumlah 94 dan jumlah sampel berjumlah 76 responden, ditentukan dengan menggunakan rumus penarikan sampel dari Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas siaran, promosi dan penetapan harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penggunaan iklan atau keputusan pembelian. Kualitas siaran memiliki pengaruh yang  positif dan signifikan terhadap penggunaan  iklan atau keputusan pembelian. Promosi memiliki pengaruh  yang positf  dan signifikan terhadap penggunaan iklan atau keputusan pembelian. Penetapan harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penggunaan iklan atau Keputusan pembelian. Kualitas siaran RRI Manado sebaiknya ditingkatkan melalui program yang menarik dan pemancar RRI yang baik, agar menambah jumlah pengguna iklan dan mempertahankan pelanggan.

kata kunci: kualitas siaran, promosi, penetapan harga, iklan

Author Biographies

Lewiando Katiandagho, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Joyce Lapian, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Agus Supandi Soegoto, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2015-11-09