PENGARUH KUALITAS PRODUK, PACKAGING, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN ROKOK DUNHILL DI KOTA MANADO

Authors

  • Mario Christo Pesoth Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.10115

Abstract

Pada zaman globalisasi saat ini dimana dunia banyak mengalami kemajuan teknologi dan gaya hidup, termasuk di dalamnya Perusahaan British American Tabacco yang merupakan perusahaan penyedia produk rokok Dunhill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Packaging dan Brand Image terhadap Kepuasan Pelanggan baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Pengukuran variabel menggunakan Skala likert. Populasi berjumlah 6.953.596 dan jumlah sampel berjumlah 100 responden, ditentukan dengan menggunakan rumus penarikan sampel dari slovin. Dari hasil uji secara simultan di peroleh Kualitas Produk, Packaging dan Brand Image secara simultan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan. Secara parsial Kualitas Produk dan Packaging berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Brand Image secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Variabel yang mempunyai pengaruh paling lemah adalah Packaging sehingga kedepannya perusahaan diharapkan membuat pengemasan yang lebih baik lagi dengan cara berinovasi.

 

Kata kunci: kualitas produk, packaging, brand image dan kepuasan pelanggan

Author Biography

Mario Christo Pesoth, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2015-11-09