ANALISIS MOTIVASI, PERSEPSI, DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PT. BANK SULUTGO CABANG UTAMA MANADO

Authors

  • Anggita Novita Gampu Universitas Sam Ratulangi
  • Lotje Kawet Universitas Sam Ratulangi
  • Yantje Uhing Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.10416

Abstract

Faktor psikologi merupakan sisi kejiwaan yang ada dalam diri seseorang yang dapat mempengaruhi perilaku dalam pengambilan keputusan. Faktor psikologi tersebut terdiri dari tiga unsur yaitu motivasi, persepsi, dan pengetahuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, persepsi, dan pengetahuanterhadap keputusan nasabah dalam memilih PT. Bank SulutGo Cabang Utama Manado, baik secara simultan maupunparsial. Sampel penelitian menggunakan rumus Slovin sebanyak 100 responden terpilih. Penelitian ini menggunakan koesioner serta alat bantu pengumpulan data lainnya dilengkapi wawancara, sedangkan metode analisis digunakan metode analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan motivasi, persepsi, dan pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dan secara parsial hanya variabel motivasi yang tidak berpegaruh terhadap keputusan nasabah. Manajemen Bank SulutGo sebaiknya memperhatikan presepsi dan pengetahuan nasabah untuk dapat memenuhi tujuannya, yaitu keputusan nasabah memilih bank SulutGo agar dapat meningkatkan jumlah nasabah.

Kata kunci: motivasi, persepsi, pengetahuan, keputusan nasabah

Author Biographies

Anggita Novita Gampu, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen

Lotje Kawet, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen

Yantje Uhing, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2015-11-17