ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK, DIFERENSIASI LAYANAN DAN DIFERENSIASI CITRA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN (Studi Pada PT.Telkomsel Grapari Manado)

Authors

  • Nicky Hannry Ronaldo Tampi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.3.4.2015.10585

Abstract

Memodifikasi atau menerapkan strategi bersaing yang tepat akan menghasilkan suatu keunggulan bersaing serta kinerja pemasaran yang baik yang selalu diharapkan setiap perusahaan untuk mencapai suatu keuntungan dalam hal ini PT. Telkomsel Grapari Manado. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis pengaruh strategi diferensiasi produk terhadap keunggulan bersaing, pengaruh strategi diferensiasi layanan terhadap keunggulan bersaing, pengaruh strategi diferensiasi citra terhadap keunggulan bersaing, pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan Telkomsel yang ada di Kota Manado yang pernah berkunjung ke Telkomsel Grapari Manado. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada 150 responden. Sampel diambil dengan cara simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisa jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pengaruh Diferensiasi Produk  terhadap Keunggulan Bersaing secara parsial signifikan. Pengaruh Diferensiasi Layanan terhadap Keunggulan Bersaing secara parsial tidak signifikan. Pengaruh Diferensiasi Citra terhadap Keunggulan Bersaing secara parsial tidak signifikan. Pengaruh Keunggulan Bersaing terhadap Variabel Kinerja Pemasaran secara parsial signifikan. Sebaiknya PT Telkomsel Grapari Manado perlu memperhatikan diferensiasi produk karena dapat meningkatkan keunggulan bersaing serta kinerja pemasaran perusahaan.

 

Kata kunci: strategi diferensiasi produk, layanan, citra, keunggulan bersaing, kinerja pemasaran

Author Biography

Nicky Hannry Ronaldo Tampi, Universitas Sam Ratulangi

Magister Manajemen

Downloads

Published

2016-01-18