PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA PT. FIFGROUP CABANG MANADO)

Authors

  • Farah Diza Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Silcyljeova Moniharapon Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Imelda W. J Ogi Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.11568

Abstract

Tingginya permintaan akan kendaraan sepeda motor membuat perusahaan pembiayaan yang ada di Kota Manado bersaing ketat untuk memperoleh konsumen. Tingkat kesuksesan perusahaan pembiayaan dipengaruhi dengan seberapa besar kepuasan yang dirasakan melalui kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan dalam persepsi konsumen. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan, baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen. Objek penelitian adalah PT. FIFGROUP Cabang Manado. Populasi penelitian adalah konsumen pada tahun 2014 dan sampel penelitian sebanyak 100 responden. Alat analisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen. Pihak manajemen sebaiknya memperhatikan harapan dan penilaian konsumen agar terciptanya kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa perusahaan.

 

Kata kunci: kualitas pelayanan, kualitas produk, kepercayaan, kepuasan konsumen

Author Biographies

Farah Diza, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Silcyljeova Moniharapon, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Imelda W. J Ogi, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2016-03-23