PENGARUH KOMPENSASI DAN JOB SATISFACTION TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA MATAHARI DEPATMENT STORE TBK. MEGA MALL MANADO

Authors

  • Indra S. M. P. Golonggom Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Irvan Trang Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.11601

Abstract

Masalah sumber daya manusia menjadi perhatian utama bagi perusahaan untuk tetap dapat bertahan di era global. Sumber daya manusia mempunyai peran utama dalam setiap kegiatan perusahaan sehingga menjadi kunci  yang harus selalu diperhatikan. Seorang karyawan yang memiliki kinerja yang tinggi dan baik dapat menunjang tercapainya tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan.Tujuan penelitian  adalah untuk menganalisis pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan, job satisfaction terhadap kinerja karyawan, kompensasi dan job satisfaction secara simultan terhadap kinerja karyawan. Metode Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda untuk untuk uji hipotesis dengan uji F dan uji t. Populasi penelitian  adalah konsumen Matahari Departement Store. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, sebanyak 50 responden. Hasil penelitian menunjukkan  secara simultan atau, Kompensasi dan Job Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Sedangkan secara parsial kompensasi maupun job satisfaction berpengaruh  positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Manajemen Matahari Megamall harus lebih memperhatikan faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja para karyawan, agar tujuan perusahaan dapat berjalan dengan baik serta kinerja perusahaan dapat meningkat. Demikian juga  kerja dari para karyawan dalam sebuah perusahaan dapat meningkat agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik.

Kata kunci: kompensasi, job satisfaction, kinerja karyawan

Author Biographies

Indra S. M. P. Golonggom, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Irvan Trang, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2016-03-26