ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUK DI PT. BANGUN WENANG BEVERAGES COMPANY MANADO

Authors

  • Yuvita M. F Goni Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Dhullo Afandi Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.11765

Abstract

Harga Pokok Produksi merupakan kumpulan dari biaya–biaya yang dikeluarkan untuk mengola bahan baku menjadi barang jadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perhitungan harga pokok produk Coca Cola ukuran 10 oz di PT. Bangun Wenang Beverages Company Manado. Penelitian menggunakan pendekatan study komparatif dan metode analisis yang digunakan kualitatif deskriptif dengan cara membandingkan konsep perhitungan harga pokok produk yang diaunut oleh perusahaan dengan metode variable costing dan target costing. Hasil perhitungan harga pokok produksi (HPP) dengan menggunakan metode full cost yang dianut oleh perusahaan menghasilkan HPP yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan metode target costing, dan variable costing. Perusahaan disarankan untuk tetap menggunakan metode full cost dalam penentuan HPP karena perhitungan HPP dengan menggunakan metode full cost mampu menyajikan laporan keuangan yang sesuai dengan prinsip akuntansi yang mengkehendaki kewajaran laporan keuangan kepada pihak eksternal perusahaan.

Kata kunci : harga pokok produksi, full cost, target costing, variable costing

Author Biographies

Yuvita M. F Goni, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Akuntansi

Dhullo Afandi, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Akuntansi

Downloads

Published

2016-04-18