PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA PT. BPR PRISMA DANA AMURANG

Authors

  • Adelina Agnes Lapian Universitas Sam Ratulangi Manado
  • James Massie Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Imelda Ogi Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.4.1.2016.12343

Abstract

Persaingan bank dalam menyalurkan kredit dan menghimpun dana pihak ketiga tidak dapat dihindarkan. Orientasi pasar dan inovasi produk diduga mempunyai peran yang penting dan perlu diperhatikan dalam upaya  meningkatkan kinerja pemasaran dalam suatu perusahaan/perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dari populasi 2.334 nasabah diwilayah Sinonsayang. Metode penelitian asosiatif dan teknik analisis yang digunakan  regresi linier berganda. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Secara parsial menunjukkan orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran dan inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sebaiknya manajemen Prisma Dana Amurang memperhatikan orientasi pasar, inovasi produk dan kinerja pemasaran. Manajemen juga dapat memberikan pelayanan yang baik, menciptakan produk yang baru, dan menarik dengan produk yang berbeda, dan belum diterobos oleh BPR lain seperti bentuk tabungan khusus untuk mahasiswa.

Kata kunci: orientasi pasar, inovasi produk, kinerja pemasaran

Author Biographies

Adelina Agnes Lapian, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

James Massie, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Imelda Ogi, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2016-05-21