EVALUASI STRATEGI PROMOSI DAN PENJUALAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA PT. ASTRAGRAPHIA,TBK CABANG MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.4.2.2016.12542Abstract
Pemberlakuan MEA (Masyrakat Ekonomi ASEAN) merupakan peluang sekaligus ancaman bagi dunia usaha baik usaha manufaktur maupun jasa. Perusahaan saat ini harus mampu menetapkan strategi yang tepat dalam mempromosikan setiap produknya, agar tetap mampu bertahan dalam persaingan pasar yang semakin ketat. Hal yang sama berlaku pada perusahaan document solution pada PT. Astragraphia,Tbk. Strategi promosi dan penjualan yang baik merupakan alat untuk membuat perusahaan tetap unggul dari para pesaingnya. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi apakah strategi promosi dan penjualan yang diterapkan PT. Astragraphia,Tbk khususnya cabang Manado mampu mempertahankan keunggulan bersaing perusahaan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan strategi promosi penjualan mampu meningkatkan volume penjualan dan mempertahankan keunggulan bersaing perusahaan. Strategi Promosi dan Penjualan pada PT. Astragraphia sebaiknya lebih ditingkatkan melalui strategi periklanan sehingga dapat menambah jumlah pelanggan dan mempertahankan para pelanggan yang ada.
Â
Kata kunci : strategi promosi, penjualan, keunggulan bersaing