ANALISIS STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA CAR CARE CENTER (C3) CAR WASH MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.4.2.2016.12543Abstract
Perkembangan industri otomotif pada saat ini bisa dikatakan cukup pesat, karena setiap tahun jumlah kendaraan terus meningkat. Berkembangnya industri otomotif juga turut mendorong berkembangnya industri jasa pendukung seperti bengkel mobil, salon mobil, tempat penjualan suku cadang, tempat penjualan aksesoris dan jasa pencucian mobil. Jasa pencucian mobil sendiri sangat dibutuhkan para pengguna mobil, karena disamping menghemat waktu, para pengguna mobil juga yakin bila mobil mereka di cuci di tempat pencucian mobil, maka mobil mereka akan lebih bersih dan terawat. Dalam menawarkan jasa mereka, para pengusaha harus menerapkan strategi promosi yang tepat. Kualitas pelayanan juga mendukung perusahaan untuk memberikan kepuasan bagi pelanggannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna Car Care Center (C3) Car Wash Manado secara parsial maupun simultan. Populasi sebanyak 220 orang dan di ambil sampel sebanyak 135 responden. Metode penelitian menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian yang dilakukan didapati bahwa strategi promosi dan kualitas pelayanan pengaruh positif dan signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pengguna. Saran bagi pengusaha Car Care Center (C3) Car Wash Manado agar lebih memperhatikan kepuasan para pengguna jasa Car Care Center (C3) Car Wash Manado, untuk meningkatkan penggunaan jasa layanan.
Â
Kata kunci : strategi promosi, kualitas pelayanan, kepuasan pengguna