PENGARUH KOMPETENSI, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI

Authors

  • Deddy Pandaleke Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.4.2.2016.12604

Abstract

Pengukuran terhadap kinerja pegawai perlu dilakukan agar dapat diketahui sejauh mana tingkat pencapaian hasil kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kompetensi, kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai (studi pada Inspektorat Kabupaten Minahasa Tenggara). Popuasi penelitian ini adalah pegawai pada Inspektorat Kabupaten Minahasa Tenggara  yang berjumlah 31 orang, dimana keseluruhan pegawai menjadi sampel penelitian. Skala instrumen penelitian menggunakan skala likert.  Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear berganda.  Hasil Peneltian  menunjukan secara simultan variabel kompetensi, kepuasan kerja dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Secara parsial hanya variabel kompetensi, yang berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Sedangkan variabel kepuasan kerja dan komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Penulis menyarankan agar Inspektorat kabupaten Minahasa Tenggara  meningkatkan kinerja pegawai melalui peningkatan kompetensi pegawai dengan memberikan kesempatan bagi pegawai untuk meningkatkan jenjang studinya serta mengikut sertakan pegawai dalam berbagai pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan Tupoksinya.

Kata kunci : kompetensi, kepuasan Kerja, komitmen organisasi, kinerja pegawai

Author Biography

Deddy Pandaleke, Universitas Sam Ratulangi Manado

Program Studi Magister Manajemen

Downloads

Published

2016-07-02