PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA NOVOTEL MANADO GOLF RESORT & CONVENTION CENTER

Authors

  • Tiffani Fika Koyong Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Altje L. Tumbel Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Jantje L. Sepang Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.4.2.2016.13174

Abstract

Pesatnya persaingan di bidang industri perhotelan di manado, mengharuskan Novotel Manado Golf Resort & Convention Center melakukan strategi pemasaran yang tepat untuk dapat bersaing dengan memberikan kepuasan kepada konsumen yang menginap sehingga dapat mempertahankan konsumen yang sudah ada dan dapat menarik konsumen yang baru dan dapat  mencapai target  sesuai dengan harapan dari perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh periklanan, penjualan perseorangan, promosi penjualan, public relation dan pemasaran langsung baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini mengambil populasi dan sampel konsumen yang menginap di Novotel Manado. Jumlah sampel sebanyak 100 orang responden, dengan metode Non Probability sampling. Metode analisis yang di gunakan adalah analisis regresi linear berganda, dan hasil analisis regresi dengan menggunakan SPSS analisis version 22 menunjukan bahwa periklanan, penjualan perseorangan, promosi penjualan, public relation dan pemasaran langsung, berpengaruh positif secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen Novotel Manado Golf Resort & Convention Center.

Kata kunci : bauran promosi, periklanan, penjualan perseorangan, promosi

Author Biographies

Tiffani Fika Koyong, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Altje L. Tumbel, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Jantje L. Sepang, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2016-08-29