ANALISIS PERBANDINGAN METODE PELATIHAN KARYAWAN PADA YAYASAN KASIH KARUNIA INDONESIA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.4.2.2016.13177Abstract
Abstrak: Suatu organisasi membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan kemampuan tertentu sebagaimana yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi.  Pelatihan merupakan upaya organisasi untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan karyawannya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka sesuai dengan peran masing-masing. Pelatihan yang baik akan menghasilkan karyawan yang bekerja lebih efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Yayasan Kasih Karunia Indonesia Timur adalah sebuah organisasi sosial yang bersifat nirlaba dan bergerak dalam bidang pengembangan anak secara menyeluruh (holistic child development). Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan persepsi karyawan Yayasan Kasih Karunia Indonesia Timur terhadap metode pelatihan ceramah dan metode pelatihan diskusi. Metode penelitian komparatif dengan teknik analisis uji beda dan pengumpulan data yang digunakan, adalah survey dengan menggunakan kuesioner dengan 55 responden dari populasi sebanyak 65 karyawan.  Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji beda diperoleh nilai signifikansi lebih dari 5% (>0,05) yaitu 0,588 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang tidak signifikan antara metode pelatihan ceramah dan metode pelatihan diskusi menurut persepsi para karyawan Yayasan Kasih Karunia Indonesia Timur. Hasil analisis frekuensi terhadap metode pelatihan menunjukkan bahwa metode pelatihan ceramah lebih baik daripada metode pelatihan diskusi.
Kata kunci: pelatihan karyawan, metode pelatihan, ceramah, diskusi