ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT. REMAJA JAYA MOBILINDO MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.4.3.2016.13670Abstract
Minat beli adalah tahap kecenderungan responden untuk bertindak sebelum keputusan membeli benar-benar dilaksanakan. Minat beli juga merupakan sesuatu yang berhubungan dengan rencana konsumen untuk membeli produk tertentu serta berapa banyak unit produk yang dibutuhkan pada periode tertentu. Dapat dikatakan bahwa minat beli konsumen adalah tahap dimana konsumen membentuk pilihan mereka, kemudian pada akhirnya melakukan suatu pembelian pada suatu barang atau jasa yang paling disukainya. Penelitian ini didasari pada minat beli konsumen yang dilandaskan dari beberapa faktor yakni citra merek, harga dan iklan produk yang ditawarkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, harga dan daya tarik iklan terhadap minat beli konsumen pada PT. Remaja Jaya Mobilindo. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis serta uji asumsi klasik. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel citra merek, harga dan daya tarik iklan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Hasil analisis secara parsial menunjukkan bahwa variabel citra merek dan daya tarik iklan berpengaruh secara positif/signifikan terhadap minat beli, sedangkan variabel harga berpengaruh secara negatif/signifikan terhadap minat beli. Manajemen perusahaan haruslah lebih memperhatikan strategi-strategi yang dipakai untuk menarik minat beli yang tinggi daripada konsumen guna peningkatan volume penjualannya agar dapat memenuhi tujuan dari perusahaannya.
Kata kunci: citra merek, harga, daya tarik iklan, minat beli.