ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN LISTRIK PINTAR (LISTRIK PRABAYAR/PULSA) (Studi Kasus Pada Perusahaan Listrik Negara Rayon Paniki-Manado)

Authors

  • Alief Syahrizal Goran Tokan Universitas Sam Ratulangi
  • Altje L Tumbel Universitas Sam Ratulangi
  • Ferdy Roring Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.4.3.2016.14121

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Populasi dan sampel dari Penelitian ini adalah Pelanggan listrik Prabayar PLN Rayon Paniki Manado. Analisis data berupa Uji validitas, reliabilitas, uji Regresi Linier Sederhana, uji Koefisien Korelasi, dan Koefisien  determinasi. Hasil penelitian yang didapat melalui uji regresi linier sederhana, yaitu Kualitas Layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan Uji Koefisien Korelasi dan uji Koefisien determinasi, Kualitas Layanan mempengaruhi Kepuasan Pelanggan sebesar 54,0%. Saran, untuk PLN Rayon Paniki agar lebih lagi memperhatikan dan meningkatkan Kualitas pelayanan Kepada pelanggan Listrik Pintar PLN Rayon Paniki-Manado.

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Kepuasan pelanggan.

Author Biographies

Alief Syahrizal Goran Tokan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Altje L Tumbel, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Ferdy Roring, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2016-11-10