ANALISIS CITRA MEREK, KUALITAS LAYANAN DAN TARIF TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA JASA DI RSUP Prof. Dr. R. D. KANDOU MANADO

Authors

  • Irma Amelia Alinaung Universitas Sam Ratulangi
  • Imelda W. J. Ogi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.4.3.2016.14124

Abstract

Abstrak: Rumah sakit dalam menawarkan jasa harus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dan memiliki perbedaan serta karakteristik masing-masing. Konsumen akan sangat teliti menyeleksi dan sangat memperhitungkan jenis pelayanan yang diberikan rumah sakit tersebut, sehingga hal ini merupakan sebuah tantangan dalam perkembangan industri jasa rumah sakit. Konsumen mengharapkan untuk memperoleh pelayanan yang maksimal dari para penyedia jasa dengan menyediakan layanan yang memuaskan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas layanan dan tarif terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa di RSUP PROF. DR. R.D. KANDOU MANADO. Penelitian ini merupakan jenis penelitian assosiatif dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan citra merek, kualitas layanan dan tarif berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa di RSUP PROF. DR. R. D. KANDOU MANADO.

Kata kunci : citra merek, kualitas layanan, tarif, kepuasan konsumen

Author Biographies

Irma Amelia Alinaung, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Imelda W. J. Ogi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2016-11-10