ANALISIS PENGARUH REPUTASI MEREK, KUALITAS LAYANAN, DAN LOYALITAS NASABAH TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (STUDI PADA NASABAH TAPLUS ANAK PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG UTAMA MANADO)

Authors

  • Grace Anastasia Makalew Universitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth L. Mananeke Universitas Sam Ratulangi
  • Hendra N. Tawas Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.4.3.2016.14248

Abstract

Absrak: Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh positif dan signifikasi merek, kualitas layanan, loyalitas nasabah terhadap keunggulan bersaing Taplus anak di PT. BNI (Persero) Tbk. Cabang Utama Manado. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda yang termasuk didalamnya Uji Asumsi Klasik, Korelasi Berganda, Koefisien Determinasi Berganda serta Uji F dan Uji t, dengan bantuan software Program SPSS version 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh yang positif signifikan atas reputasi merek terhadap keunggulan bersaing pada Taplus Anak BNI KCU Manado tetapi tidak terdapat pengaruh yang positif signifikan atas kualitas layanan terhadap keunggulan bersaing pada nasabah Taplus Anak BNI KCU Manado. Selanjutnya, loyalitas nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada nasabah Taplus Anak BNI KCU Manado.

 

Kata kunci: Reputasi Merek, Kualitas Layanan, Loyalias Nasabah, Keunggulan Bersaing.

Author Biographies

Grace Anastasia Makalew, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Magister Manajemen Fakutas Ekonomi Dan Bisnis

Lisbeth L. Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Magister Manajemen Fakutas Ekonomi Dan Bisnis

Hendra N. Tawas, Universitas Sam Ratulangi

Program Studi Magister Manajemen Fakutas Ekonomi Dan Bisnis

Downloads

Published

2016-12-07