PENGARUH PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN COCA COLA (STUDI KASUS PADA PT. BANGUN WENANG BEVERAGE COMPANY MANADO)
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.4.3.2016.14334Abstract
Abstrak: Strategi periklanan merupakan strategi yang dipakai perusahaan dalam menghadapi persaingan di industri tersebut. Strategi periklanan yang diterapkan melalui televisi, media cetak dan papan reklame dirasa perlu dioptimalkan dengan tujuan untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam membeli minuman ringan. Meningkatnya keputusan pembelian secara positif tentu akan berdampak pada meningkatnya volume penjualan produk. Penelitian ini untuk menganalisis sejauh mana pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian minuman Coca Cola pada PT. Bangun Wenang Beverage Company Manado. Sedangkan tujuan khususnya yaitu menganalisis pengaruh iklan di media televise, media cetak, dan papan reklame terhadap keputusan pembelian minuman Coca Cola pada PT. Bangun Wenang Beverage Company Manado. Penelitian ini diawali dengan pengambilan data lapangan (observasi, wawancara, dan penyebaran kuisioner) dan data kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden. Selanjutnya digunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap ketambahan nilai variabel iklan di televisi sebesar 1 satuan akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,455. Setiap ketambahan nilai variabel media cetak sebesar 1 satuan akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,252. Setiap ketambahan nilai variabel papan reklame sebesar 1 satuan akan meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,206. Dengan adanya ketiga variabel bebas tersebut yang mempengaruhi keputusan pembelian maka akan mendorong masyarakat untuk membeli dan mengkonsumsi minuman Coca Cola.
Â
Kata kunci : periklanan, keputusan pembelian konsumen