PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK MENGGUNAKAN METODE CAMEL PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA CABANG MANADO PERIODE 2010-2015

Authors

  • Dwi Febriana Paputungan Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.4.3.2016.14415

Abstract

ABSTRAK: Kesehatan suatu bank merupakan kepentingan semua pihak yang terkait, baik pemilik dan pengelola bank, masyarakat pengguna jasa bank, maupun bank Indonesia sebagai pembina dan pengawas bank-bank sebagai perpanjangan tangan dari pihak pemerintah. Untuk itu, penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kesehatan bank yang dinilai dengan menggunakan metode CAMEL pada PT. Bank Rakyat Indonesia cabang Manado periode 2010-2015. Penilaian dengan metode CAMEL terdiri dari CAR, KAP, PPAP, NPM, ROA, BOPO, LDR. Data laporan keuangan yang diperoleh bersumber dari perusahaan PT. Bank Rakyat Indonesia Periode 2010-2015 berupa data laporan keuangan yang dipublikasikan lewat website. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja keuangan pada PT. Bank Rakyat Indonesia cabang Manado untuk Rasio CAR, KAP, PPAP, NPM, ROA, BOPO, LDR dikategorikan dalam kelompok sehat.

Kata Kunci: Kesehatan Bank, CAMEL

Author Biography

Dwi Febriana Paputungan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2016-12-30