ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN MIE INSTANMEREK INDOMIE

Authors

  • Mardon Nafali Universitas Sam Ratulangi
  • Djurwati Soepeno Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.4.4.2016.14570

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah 1. Apakah faktor budaya berpengaruh terhadap keputuasan pembelian makanan mie instan merk indomie, 2. Apakah faktor sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan mie instan merk indomie. 3. Apakah faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan mie instan merk indomie, 4. Apakah faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan mie istan merk indomie 5. Apakah faktor budaya, sosial pribadi, dan psikologis berpangaruh terhadap keputusan pembelian makanan mie instan merk indomie.  Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Pertanian, teknik pengumpulan data  adalah mengunakan non probability sampling dengan  jumlah sampel sebanyak 100 orang. Instrument penelitian mengunakan kuesioner yang telah memenuhi syarat validitas dan relaibilitas sedangkan analisis data mengunakan analisis regresi linear berganda. Secara  parsial  diketahui  bahwa  nilai  signifikan: faktor  budaya  sebesar 0,197, faktor sosial sebesar -0,014,  faktor pribadi sebesar 0,327,  faktor  psikologis sebesar 0,386, sedangkan secara simultan nilai signifikan sebesar 0,000. Untuk faktor Sosial ditemukan tidak  signifikan terhadap keputusan pembelian makanan mie instan merek Indomie. Secara simultan faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan mie instan merek Indomie.

Kata kunci : budaya, sosial, pribadi, psikologis dan keputusan pembelian.

Author Biographies

Mardon Nafali, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan  Bisnis, Jurusan Manajemen

Djurwati Soepeno, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan  Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads