BAURAN PEMASARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BPR PRISMA DANA MANADO

Authors

  • Beatric M . J. Kondoy Universitas Sam Ratulangi
  • Bernhard Tewal Universitas Sam Ratulangi
  • Frederik Worang Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.4.4.2016.14576

Abstract

ABSTRAK, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan menjadi nasabah di BPR Prisma Dana Manado. Metode analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tehnik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji simultan didapatkan nilai Fhitung dari variabel produk, harga, tempat dan promosi adalah sebesar 218,101. Sedangkan Ftabel pada tingkat signifikansi 0,05 derajat bebas (n-1) = 2 adalah 3,09. Sehingga disimpulkan bahwa  Fhitung (218,101) lebih besar dari Ftabel (3,09). Hasil penelitian diketahui bahwa variable produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah di BPR Prisma Dana Manado. Berdasarkan uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa keputusan nasabah dipengaruhi oleh variabel independen yang meliputi produk, harga, tempat dan promosi sebesar 90,2%, sedangkan sisanya 9,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Menjadi Nasabah.

Author Biographies

Beatric M . J. Kondoy, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Bernhard Tewal, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Frederik Worang, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2017-01-11