PENGARUH STRATEGI BAURAN PROMOSI PRODUK SPEEDY TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. TELKOM INDONESIA, KANTOR DAERAH TELKOM (KANDATEL) MANADO

Authors

  • Michael Ch. Raintung Universitas Sam Ratulangi
  • Christy N. Rondonuwu Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.4.4.2016.15072

Abstract

Abstrak :Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari strategi bauran promosi produk speedy terhadap perilaku pembelian konsumen pada PT. Telkom Indonesia Kandatel Manado. Penelitian ini menggunakan metode analisa regresi linear berganda. Data penelitian menggunakan data primer dalam bentuk kuesioner. Responden yang diteliti berjumlah 60 responden dengan metode pengambilan sampel secara purposive sampling, sedangkan untuk pengujian hipotesa dilakukan secara simultan maupun parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara strategi bauran promosi terhadap perilaku pembelian konsumen, ini ditunjukan lewat persamaan regresi: Y = 0,688 + 0,297X1+ 0,424X2 + 0,070X3 + 0,137X4 + 0,116 X5 Koefisien korelasi berganda menunjukan nilai sebesar 0,873 yang berarti terdapat hubungan yang kuat. Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y ditunjukan dengan koefisien determinasi R2 sebesar 0,762 atau 76,2%. Pengujian hipotesis penelitian diperoleh Fhitung = 34,529 lebih besar dari nilai Ftabel = 2,38 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian: perusahaan harus memperhatikan, mengembangkan strategi bauran promosi karena berpengaruh terhadap perilaku pembelian konsumen, baik itu periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, publisitas, dan penjualan pribadi.Kata kunci: Perilaku Pembelian Konsumen, Periklanan, Promosi Penjualan, Pemasaran Langsung, Publisitas, Penjualan Pribadi

Author Biographies

Michael Ch. Raintung, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Christy N. Rondonuwu, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2017-01-14