PENGARUH SERVICESCAPE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN INSTALASI RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT PROF. DR. R. D. KANDOU MANADO

Authors

  • Amaldo Reza Siwi Universitas Sam Ratulangi
  • Agus S. Supandi Universitas Sam Ratulangi
  • Sjendry S. R. Loindong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.5.2.2017.15705

Abstract

 

ABSTRAK : Rumah Sakit Prof. R.D. Kandou Manado, merupakan salah satu rumah sakit yang menyediakan berbagai macam jasa layanan kesehatan. Kendala dari pihak pemberi jasa dilihat dari lingkungan penempatan fasilitas (layout), dimana peralatan-peralatan yang diatur dan kemampuan barang-barang untuk menfasilitasi kenikmatan konsumen masih perlu dibenahi kenikmatan konsumen masih perlu dibenahi, agar konsumen merasa puas. Hal ini pula lingkungan sekitar perlu dilengkapi/penataan taman, dekorasi ruangan yang dapat meningkatkan citra tertentu atau suasana hati, yang dapat memudahkan oleh pasien dalam mencapai tujuan. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis apakah Servicescape dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pasien  di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kuantitatif Asosiatif, yaitu Regresi berganda, Penelitian Asosiatif pada penelitian ini, yaitu Servicescape dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Instalasi Rawat Jalan pada Rumah Sakit Prof. Dr. R. D. Kandou  Manado. Teknik penarikan sampling , dan jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Teknik analisis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini, menunjukan terdapat hubungan variabel servicescape sebanyak 0,000 dan  kualitas pelayanan sebanyak 0,000 termasuk signifikan terhadap keputusan  pasien Rumah Sakit Prof. R.D. Kandou Manado. Kesimpulan data yang telah didapatkan dan diolah penelitian ini yaitu Servicescape, kualitas pelayanan (bukti fisik, daya tanggap, jaminan dan empati) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan bersama-sama terhadap keputusan konsumen (pasien) pada RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado.

Kata kunci : servicescape, service quality, satisfaction.

Author Biographies

Amaldo Reza Siwi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Agus S. Supandi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Sjendry S. R. Loindong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2017-04-25