PENGARUH SERVICESCAPE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN MIE MEDAN 99 MANADO

Authors

  • Andre Eris Tatangin Universitas Sam Ratulangi
  • Imelda W.J. Ogi Universitas Sam Ratulangi
  • Sjendry S. R. Loindong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.5.2.2017.15996

Abstract

Abstrak: Kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting bagi setiap perusahaan. Pelanggan yang terpenuhi kebutuhan dan keinginannya akan puas terhadap suatu produk. Kepuasan pelanggan di pengaruhi oleh servicescape dan kualitas produk. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh servicescape dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Mie Medan 99 Manado. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 99 pelanggan dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa servicescape dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Servicescape berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sebaiknya Rumah Makan Mie Medan 99 Manado lebih memperhatikan lagi servicescape dan kualitas produk agar terciptanya kepuasan pelanggan yang baik.

 

Kata Kunci : servicescape, kualitas produk, kepuasan pelanggan

Author Biographies

Andre Eris Tatangin, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Imelda W.J. Ogi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Sjendry S. R. Loindong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2017-05-26