ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DAN SISTEM PENILAIAN KINERJA PADA PT BANK SULUTGO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.5.2.2017.16057Abstract
Abstrak: Salah satu cara terbaik untuk mempertahankan kondisi perusahaan yang sehat dalam perkembangannya adalah dengan menerapkan total quality management (TQM), di karenakan TQM dapat memberikan manfaat bagi perusahaan dalam persaingan dunia bisnis. Penerapan sistem penilaian kinerja juga merupakan hal yang penting bagi perusahaan karena perusahaan yang melakukan penilaian terhadap kinerja karyawannya menunjukkan bahwa perusahaan tersebut menginginkan adanya kemajuan baik bagi perusahaan dan juga bagi karyawan yang bekerja. PT. Bank SulutGo adalah salah satu perbankan yang selalu mengedepankan kinerja yang baik dan maksimal dari setiap karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan total quality management dan system penilaian kinerja pada PT. Bank SulutGo. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan berdasarkan unsur utama total quality management dan syarat suatu sistem penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TQM pada PT. Bank SulutGo telah memenuhi unsur utama total quality management dan penerapan system penilaian kinerja telah sesuai dengan syarat suatu sistem penilaian yaitu, relevance, acceptability, reliability, dan sensitivity.
Â
Kata kunci: Total Quality Management, Sistem Penilaian Kinerja.