PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN OUTLET BERSAMA CELL (DISTRIBUTOR VOCHER PULSA DIMANADO)
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16115Abstract
ABSTRAK: Marketing mix adalah alat yang bisa digunakan oleh pelaku usaha untuk merangsang atau merespon pembelian konsumen dimana pembelian konsumen adalah hasil akhir untuk mendapatkan keuntungan dalam kegiatan usaha yang dilakukan oleh individu, kelompok atau para pelaku usaha. Adapun dalam penelitian ini, Peneliti ingin mencari tahu variabel-variabel marketing mix yang terdiri dari produk, harga, lokasi, dan promosi yang bisa mempengaruhi kepuasan konsumen pada suatu kegiatan usaha bisnis di outlet bersama cell. Lokasi penelitian sendiri dilakukan di provinsi sulawesi utara kota Manado. Metode penelitian yang digunakan untuk menguji hipotesa dari penelitian ini yaitu alat ukur statistik regresi linear berganda, Uji T persial, Uji Koefisien Determinasi dan Uji F simultan. Hasil uji hipotesis menggunakan alat ukur statistik yang peneliti gunakan menunjukan bahwa hipotesis yang diterima yaitu H3, dan H4 dimana variabel dari Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dan variabel Lokasi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Kemudian Produk, Harga, Lokasi, Promosi berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan di outlet bersama cell yang pada penelitian ini ke empat variabel tersebut memberikan kontribusi hubungan yang sangat sebesar terhadap kepuasan pelanggan sebesar 81 %.
Kata kunci : marketing mix, kepuasan pelanggan.