PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MATAHARI DEPARTEMEN STORE MEGA TRADE CENTER MANADO

Authors

  • Vita Astriani Annastasia Maki Universitas Sam Ratulangi
  • James D.D Massie Universitas Sam Ratulangi
  • Djurwaty . Soepeno Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16169

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh suasana toko dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 100 responden dengan teknik Non-probability sampling dengan pendekatan Accidental Sampling. Data dalam penelitian ini menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh pelanggan. Data diperoleh dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, Uji Hipotesis melalui Uji t dan Uji F. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa kedua variabel independen yang diteliti yaitu variabel suasana toko, dan Faktor Psikologis terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen Keputusan pembelian. Kemudian hasil analisis menggunakan uji F dapat diketahui bahwa kedua variabel independen yaitu suasana toko, dan faktor psikologis secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu Keputusan pembelian.

 

Kata kunci : suasana toko, faktor psikologis, keputusan pembelian

Author Biographies

Vita Astriani Annastasia Maki, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

James D.D Massie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Djurwaty . Soepeno, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2017-06-16