KUALITAS PRODUK, MEREK DAN DESAIN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO

Authors

  • Yudhi Soewito Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1649

Abstract

Maraknya persaingan bisnis saat ini menyebabkan konsumen menjadi lebih selektif terhadap produk untuk dibeli, hal ini karena banyaknya produk yang ditawarkan oleh produsen dengan berbagai merek, desain, serta kualitas produk yang bervariasi yang akan menjadi pertimbangan konsumen sebelum melakukan pembelian. Kualitas produk adalah kemampuan produk untuk melaksanakan fungsinya. Merek adalah nama, simbol, desain atau gabungan ke empatnya. Desain produk adalah totalitas fitur yang mempengaruhi penampilan produk tertentu menurut yang diisyaratkan pelanggan. Keputusan pembelian adalah proses merumuskan berbagai alternativ guna menjatuhkan pilihan untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara simultan dan parsial dari kualitas produk, merek dan desain terhadap keputusan pembelian. Desain penelitian menggunakan survey, dan metode penelitian adalah metode asosiatif. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert, dan teknik analisis menggunakan regresi linear berganda, mengingat model tersusun atas sejumlah hubungan kausal antar variabel laten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, merek dan desain berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen baik secara simultan dan secara parsial.

Kata kunci: kualitas produk, merek, desain, keputusan pembelian

Author Biography

Yudhi Soewito, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2013-05-07