ANALISIS STRATEGI BERSAING DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UKM KULINER (STUDI KASUS PADA UKM KULINER PASAR TUA DI KOTA BITUNG)

Authors

  • Elza Marcelina Bataha Universitas Sam Ratulangi
  • Joyce Lapian Universitas Sam Ratulangi
  • Yunita Mandagie mandagiey@gmail.com

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16507

Abstract

ABSTRAK : Keputusan Pembelian adalah membeli merek yang paling disukai dari berbagai alternative yang ada, tetapi dua faktor bias berada antara niat pembelian dan keputusan pembelian. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah Kualitas Produk, Harga, Tempat dan Kualitas Layanan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada UKM Kuliner Pasar Tua di Kota Bitung. Jenis Penelitian ini adalah jenis Penelitian deskriptif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 349 pelanggan dengan menggunakan tabel Isaac-Michael. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan uji statistik dapat dijelaskan bahwa kualitas produk, harga, dan tempat berpengaruh secara persial dan simultan  terhadap keputusan pembelian pada UKM Kuliner Pasar Tua di Kota Bitung dengan nilai koefisien yang signifikan. Sedangkan kualitas layanan berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pada UKM Kuliner Pasar Tua di Kota Bitung.

 

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Tempat, Kualitas Layanan, Keputusan Pembelian

Author Biographies

Elza Marcelina Bataha, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Joyce Lapian, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Yunita Mandagie, mandagiey@gmail.com

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2017-07-06