PENGARUH INOVASI PRODUK, HARGA, CITRA MEREK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MOBIL SUZUKI ERTIGA

Authors

  • Elinawati S. M. Sinurat Universitas Sam Ratulangi
  • Bode Lumanauw Universitas Sam Ratulangi
  • Ferdy Roring Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16522

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui apakah inovasi produk, berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap loyalitas pelanggan mobil Suzuki Ertiga Manado. Jenis penelitian yaitu asosiatif. Penelitian dilakukan pada konsumen mobil Suzuki Ertiga di Manado. Waktu penelitian April-Juni 2017. Populasi penelitian adalah 210 konsumen, sedangkan sampel sebanyak 68 orang responden dihitung menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian yaitu variabel-variabel Inovasi Produk (X1), Harga (X2), Citra Merek (X3),dan Kualitas Pelayanan (X4) secara serentak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan mobil Suzuki Ertiga di Manado. Variabel inovasi produk, variabel kualitas pelayanan dan variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan mobil Suzuki Ertiga di Manado. Variabel inovasi produk merupakan variabel ketiga yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dalam penelitian ini. Variabel harga merupakan variabel pertama yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dalam penelitian ini. Variabel kualitas pelayanan merupakan variabel kedua yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dalam penelitian ini. Variabel Citra Merek tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan mobil Suzuki Ertiga di Manado. Saran yaitu dealer mobil Suzuki di Manado yaitu PT. Sinar Galesong Prima Manado harus memperhatikan variabel-variabel yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dalam penelitian ini antara lain: Harga, Kualitas Pelayanan, serta Inovasi Produk. Hal ini dalam meningkatkan loyalitas dan kesetiaan pelanggan mobil Suzuki terhadap produk-produk mobil Suzuki seperti mobil Suzuki Ertiga.

 

Kata Kunci : inovasi produk, harga, citra merek, kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan

Author Biographies

Elinawati S. M. Sinurat, Universitas Sam Ratulangi

Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Bode Lumanauw, Universitas Sam Ratulangi

Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Ferdy Roring, Universitas Sam Ratulangi

Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2017-07-21