ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI PASAR TRADISIONAL (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PASAR PINASUNGKULAN KAROMBASAN MANADO)

Authors

  • Yelnita Lanipi Universitas Sam Ratulangi
  • Willem J.F.A. Tumbuan Universitas Sam Ratulangi
  • Indrie Debbie Palandeng Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v5i2.16635

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara simultan faktor psikologis yaitu motivasi, presepsi, dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian produk makanan di pasar tradisional. Jenis penelitian ini merupakan penilitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah penduduk kota manado yang rutin berbelanja kebutuhan pokok makanan di pasar Pinasungkulan Karombasan Manado dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pengambilan sampel accidental sampling yaitu pengambilan sampel secara acak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Motivasi memiliki dampak yang pasif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. 2) Persepsi konsumen memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. 3) Sikap memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci: Motivasi, Persepsi, Sikap, Keputusan Pembelian.

Author Biographies

Yelnita Lanipi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Willem J.F.A. Tumbuan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Indrie Debbie Palandeng, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2017-09-03