TINGKAT PENDIDIKAN, MOTIVASI DAN PROMOSI PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PRODUK NASABAH PRIORITY BANKING BANK SULUT
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1734Abstract
Menjadi nasabah suatu bank, tingkat pendidikan turut mempengaruhi keputusannya untuk menjadi nasabah nasabah. Keinginan masyarakat untuk menjadi nasabah bank juga dipengaruhi motivasi dari calon nasabah. Tingkat pendidikan adalah proses perubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Motivasi adalah pertimbangan-pertimbangan dan pengaruh yang mendorong orang untuk melakukan pembelian. Promosi adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Proses pengambilan keputusan dalam menggunakan produk, dimulai dari pengenalan masalah, pencarian informasi, penilaian alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku setelah membeli produk. Alat analisis yang digunakan regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara parsial tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan motivasi dan promosi secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Hubungan antara variabel X dan variabel Y adalah kuat variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Variabel yang dominan adalah promosi.
Kata kunci: tingkat pendidikan, motivasi, promosi, keputusan pembelian