PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG KAROMBASAN MANADO.

Authors

  • Denis . Lapasiang Universitas Sam Ratulangi
  • Silcyljeova . Moniharapon Universitas Sam Ratulangi
  • Sjendry . Loindong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.17371

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Kepercayaan dan Komitmen terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Karombasan Manado. Kuesioner dirancang dengan menggunakan Skala Likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang bertransaksi lebih dari 4 kali di PT. Pegadaian (persero) Cabang Karombasan Manado yang berjumlah 3.836 nasabah dengan jumlah responden sebanyak 97 nasabah. Analisa data menggunakan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa Kepercayaan dan Komitmen berpengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas Nasabah Secara parsial Kepercayaan berpengaruh  positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah  sedangkan Komitmen secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Loyalitas Nasabah. PT. Pegadaian (persero) Cabang Karombasn Disarankan lebih meningkatkan lagi faktor-faktor yang mendukung komitmen pelanggan seperti perasaan nyaman ketika bertransaksi, karyawan yang komunikatif dan perhatian terhadap pelanggan, serta ketersediaan fasilitas yang mendukung kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi.

Kata kunci : kepercayaan, komitmen, loyalitas nasabah

Author Biographies

Denis . Lapasiang, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Silcyljeova . Moniharapon, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Sjendry . Loindong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2017-10-06