FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK BNI (PERSERO) Tbk KANTOR CABANG MANADO

Authors

  • Indah S. Mandong Universitas Sam Ratulangi
  • Altje L. Tumbel Universitas Sam Ratulangi
  • Hendra N. Tawas Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.5.3.2017.17464

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel kualitas jasa, citra perusahaan dan persepsi harga berpengaruh terhadap loyalitas nasabah PT. Bank BNI (persero) Tbk Kantor Cabang Manado. Metode penelitian yang digunakan bersifat asosiatif. Analisis yang digunakan yaitu teknik regresi linier berganda dan sampel berjumlah 150 nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas jasa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dan variabel persepsi harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah sedangkan secara parsial variabel  citra perusahaan berpengaruh positif tapi tidak signifikan pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah. Disarankan kepada pihak PT. Bank BNI (Persero) Tbk Kantor Cabang Manado untuk lebih memperhatikan keinginan para nasabah dan melakukan perbaikan terhadap variabel-variabel di penelitian ini yang berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah.

 

Kata Kunci: kualitas jasa, citra perusahaan, persepsi harga, loyalitas nasabah

Author Biographies

Indah S. Mandong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Altje L. Tumbel, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Hendra N. Tawas, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2017-10-18