BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA (PERIODE 2014-2016)
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.17559Abstract
Abstrak : Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemilik perusahaan, sebab dengan nilai yang tinggi menunjukan kemakmuran pemegang saham maupun pemilik juga tinggi. Tinggi rendahnya nilai perusahaan ini tentu tidak terlepas berbagai faktor yang mempengaruhinya yaitu fungsi keuangan seperti profitabilitas (Return On Equity), kebijakan hutang (Debt To Equity Ratio) dan ditambahkan pula dengan ukuran perusahaan. Penelitian ini menggunakan 12 sampel perusahaan dan diperoleh melalui purposive sampling. Dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda yang sebelumnya telah diuji dengan menggunakan uji asumsi klasik. Dengan hasil penelitian yang menunjukkan secara parsial Return On Equity (ROE) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, Debt To Equity Ratio (DER) berpengaruh positif tidal signifikan terhadap nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan yang berpengaruh negative tidak signifikan terhadpa nilai perusahaan. Namun ROE, DER, dan Ukuran Perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Perusahaan sebaiknya lebih memperhatikan pendapatan yang perlu dimaksimalkan agar mampu menaikkan nilai perusahaan.
Â
Kata kunci : roe, der, ukuran perusahaan, nilai perusahaan