BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA (PERIODE 2014-2016)

Authors

  • Maria Nilafina Aluy Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Marjam Mangantar Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Paulina Van Rate Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.17559

Abstract

Abstrak : Nilai perusahaan yang tinggi menjadi keinginan para pemilik perusahaan, sebab dengan nilai yang tinggi menunjukan kemakmuran pemegang saham maupun pemilik juga tinggi. Tinggi rendahnya nilai perusahaan ini tentu tidak terlepas berbagai faktor yang mempengaruhinya yaitu fungsi keuangan seperti profitabilitas (Return On Equity), kebijakan hutang (Debt To Equity Ratio) dan ditambahkan pula dengan ukuran perusahaan. Penelitian ini menggunakan 12 sampel perusahaan dan diperoleh melalui purposive sampling. Dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda yang sebelumnya telah diuji dengan menggunakan uji asumsi klasik. Dengan hasil penelitian yang menunjukkan secara parsial Return On Equity (ROE) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, Debt To Equity Ratio (DER) berpengaruh positif tidal signifikan terhadap nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan yang berpengaruh negative tidak signifikan terhadpa nilai perusahaan. Namun ROE, DER, dan Ukuran Perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Perusahaan sebaiknya lebih memperhatikan pendapatan yang perlu dimaksimalkan agar mampu menaikkan nilai perusahaan.

 

Kata kunci : roe, der, ukuran perusahaan, nilai perusahaan

Author Biographies

Maria Nilafina Aluy, Universitas Sam Ratulangi Manado

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Marjam Mangantar, Universitas Sam Ratulangi Manado

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Paulina Van Rate, Universitas Sam Ratulangi Manado

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2017-10-18