PENGARUH DESAIN LAYOUT, FASILITAS DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA MATAHARI DEPARTEMEN STORE MEGA MALL MANADO

Authors

  • Debora Ecleysia Kawahe Universitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth Mananeke Universitas Sam Ratulangi
  • Rotinsulu Jopie Jorie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.17620

Abstract

Abstrak : Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat sangat di butuhkan manajemen yang handal dan mampu mangantisipasi setiap persaingan yang dapat menjalankan perusahaan secara efektif dan efisie Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel Desain Layout, Fasilitas dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Matahari Department Store Megamall Manado. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 100 responden dengan teknik Non Probability Sampling dengan pendekatan Accidental Sampling. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desain Layout, Fasilitas dan Kualitas Layanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan. Variabel Desain Layout berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, variabel Fasilitas berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Variabel Kualitas Layanan berpengaruh tidak signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Desain Layout, Fasilitas dan Kualitas Layanan mampu menjelaskan 89,4% kepuasan pelanggan dan masih ada sisanya sebesar 10,6% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

  

Kata kunci : desain layout, fasilitas, kualitas layanan, kepuasan pelanggan

Author Biographies

Debora Ecleysia Kawahe, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Lisbeth Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Rotinsulu Jopie Jorie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2017-10-20