PENGARUH PEMASARAN JASA DAN PERSEPSI TERHADAP KEPUASAN SISWA PADA SMA KATOLIK REX MUNDI MANADO

Authors

  • Bryan N. Bergmann Universitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth . Mananeke Universitas Sam Ratulangi
  • Sjendry . Loindong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.17660

Abstract

ABSTRAK: Di zaman yang serba canggih dan modern saat ini pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia, karena dengan pendidikan manusia mendapatkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk menavigasi dunia. Tanpa pendidikan manusia tidak akan mampu membaca, menulis, menghitung atau berkomunikasi. Menyadari tingkat keputusan siswa dalam memilih sekolah SMA Katolik Rex Mundi yang setiap tahun mengalami kenaikan dan penurunan siswa. Menjadi salah satu masalah dari pihak sekolah untuk tetap mempertahankan jumlah siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemasaran jasa dan persepsi terhadap kepuasan siswa. Jenis penelitian asosiatif. Tempat penelitian di SMA Katolik Rex Mundi Manado. Populasi penelitian ini berjumlah 722. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis dalam model penelitian ditemukan bahwa variabel pemasaran jasa dan variabel persepsi memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa secara simultan dan parsial.
Kata Kunci : pemasaran jasa, persepsi, kepuasan Siswa.

Author Biographies

Bryan N. Bergmann, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Lisbeth . Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Sjendry . Loindong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2017-09-23