PENGARUH ATMOSFER TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PARA KONSUMEN YANG BERBELANJA DI UD. CAHAYA LESTARI TATELI TIGA
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.17672Abstract
Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan secara
parsial variabel interior, layout, interior (POP) display terhadap keputusan pembelian. Metode analisis yang digunakan
adalah regresi linier berganda.. Populasi dalam penelitian ini yakni konsumen yang telah berbelanja sebanyak tiga kali atau
lebih di UD. Cahaya Lestari Tateli Tiga, dan sampel yang digunakan sebanyak 30 responden dengan menggunakan
Random Sampling. Hasil penelitian ditemukan bahwa secara parsial tidak adanya pengaruh interior terhadap keputusan
pembelian, secara parsial ditemukan adanya pengaruh layout terhadap keputusan pembelian, secara parsial ditemukan
adanya pengaruh interior (POP) display terhadap keputusan pembelian dan secara simultan interior, layout dan interior
(POP) display berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Meskipun secara keseluruhan atmosfer toko di UD.
Cahaya Lestari Tateli Tiga terlihat baik, tetapi akan lebih baik lagi bila atmosfer toko dapat ditingkatkan dan dikembangkan
lagi, display harga harus diperhatikan karena merupakan hal penting bagi konsumen untuk mengetahui harga barang
sebelum membelinya.
Kata Kunci: atmosfer toko, interior, lay out, interior (POP) display, keputusan pembelian