PENGARUH KELOMPOK ACUAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18044Abstract
Abstrak: Dalam era globalisasi ini, teknologi adalah bagian yang tidak terlepas dari kehidupan masyarakat urban. Hal ini menimbulkan pangsa pasar baru khususnya untuk smartphone. Dalam memasarkan produk ada beberapa strategi yang digunakan, seperti pemanfaatan kelompok acuan dan penggunaan citra merek dalam menarik minat beli masyaralat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image dan kelompok acuan terhadap minat beli terhadap produk smartphone pada komunitas mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Metode pengambilan sampel menggunakan random sampling, dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok acuan tidak berpengaruh terhadap minat beli smartphone, dan brand image, juga tidak berpengaruh terhadap minat beli smartphone, namun secara bersamaan kelompok acuan dan brand image berpengaruh terhadap minat beli. Melalui penelitian diharapkan dapat memberikan pandangan baru dalam memasarkan produk khususnya di kalangan mahasiswa. Kelompok acuan dan brand image jika digunakan secara bersama-sama dapat mempengaruhi minat beli smartphone. Tim pemasaran harus menggunakan dua variabel tersebut secara bersamaan.
Kata Kunci: kelompok acuan, brand image, minat beli.