ANALISIS STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA PT. BANK CENTRAL ASIA, TBK. KANTOR CABANG UTAMA MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18082Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek berpengaruh terhadap keunggulan bersaing pada PT. Bank Central Asia, Tbk. Kantor Cabang Utama Manado baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang dilakukan selama 6 bulan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden dan data diperoleh dengan menyebarkan kuisioner kepada nasabah yang menabung di lebih dari dua bank. Data tersebut kemudian diolah menggunakan program SPSS 2.0. Hasil uji menunjukan bahwa variabel Diferensiasi Produk dan Kualitas Layanan berpengaruh secara signifikan baik itu parsial maupun simultan terhadap Keunggulan Bersaing. Sedangkan untuk variabel Citra Merek secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Keunggulan Bersaing. Untuk itu, perusahaan harus mempertahankan Diferensiasi Produk dan Kualitas Layanan yang ada agar unggul dalam bersaing.
Kata Kunci: diferensiasi produk, kualitas layanan, citra merek, keunggulan bersaing