PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN (STUDY PADA KANTOR PUSAT BANK SULUTGO)
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18194Abstract
Abstrak: Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan suatu organisasi perusahaan adalah produktivitas karyawan. Usaha untuk meningkatkan produktivitas karyawan, diantaranya adalah dengan memperhatikan teknologi informasi, lingkungan kerja, dan kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknologi informasi, lingkungan kerja, dan kompetensi baik secara simultan maupun parsial terhadap produktivitas karyawan pada Kantor Pusat Bank SulutGo. Populasi dalam penelitian ini adalah 252. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 72 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukan teknologi informasi, lingkungan kerja dan kompetensi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan, secara parsial teknologi informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan, lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan dan kompetensi berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan. Untuk meningkatkan produktivitas karyawan disarankan kepada pihak kantor pusat PT. Bank SulutGo untuk lebih memperhatikan variabel-variabel di penelitian ini yang berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas.
Â
Kata Kunci: teknologi informasi, lingkungan kerja, kompetensi,produktivitas karyawan.