PEMASARAN RELASIONAL DAN KUALITAS LAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI MATAHARI DEPARTEMENT STORE MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1834Abstract
ABSTRAK
Â
Persaingan dunia perdagangan kini semakin ketat, untuk bisa bertahan, maka masing-masing perusahaan harus mampu menjaga keberadaan produknya dipasar.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakahpemasaran relasional dan kualitas layanan, berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Hal yang dapat dilakukan untuk menarik lebih banyak minat konsumen adalah dengan menerapkan pemasaran relasional. Pemasaran relasional adalah  membangun hubungan jangka panjang dengan para pelanggan, pemasok dan distributor. Untuk mempertahankan bisnis yang dijalankan perusahaan harus memperhatikan kualitas layanan, yang dimaksud untuk memenuhi dan melebihi harapan pelanggan, sehingga pelanggan bisa merasa puas dan akan kembali berbelanja di perusahaan tersebut dan akan menimbulkan loyalitas pelanggan.Sampel di ambil secara random sebanyak 100 responden.Alat analisis yang digunakan regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa secara bersama pemasaran relasional dan kualitas layanan, berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
Kata kunci: pemasaran relasional, kualitas layanan, loyalitas pelanggan