ANALISIS FINANSIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN CONSUMER GOODS SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2011 - 2016)

Authors

  • Juan V Massie Universitas Sam Ratulangi
  • Parengkuan . Tommy Universitas Sam Ratulangi
  • Rosalina A M Koleangan Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.5.3.2017.18648

Abstract

Abstrak : Perubahan dan pembenahan perekonomian yang terjadi di negara-negara besar memicu persaingan hingga mengakibatkan perusahaan-perusahaan besar semakin berlomba-lomba untuk mengembangkan produknya untuk menghasilkan profit yang tinggi. Tingginya perkembangan perusahaan-perusahaan manufaktur di Indonesia, bisa terlihat dari bertambahnya jumlah perusahaan yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) dari periode ke periode yang semakin hari semakin meningkat. Beberapa alat analisa keuangan banyak digunakan oleh para investor-investor yang ingin melakukan transaksi saham di Bursa Efek Indonesia, indikator-indikator keuangan tersebut akan membantu mereka untuk menentukan kebijakan-kebijakan dan mendukung pengambilan keputusan investasinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk Mengetahui pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Price Earning Ratio terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan – perusahaan Consumer Goods sub sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 - 2016. Metode yang digunakan pada penelitian adalah analisis regresi linier berganda. Populasi yang ada pada penelitian adalah perusahaan - perusahaan consumer good sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) . Dan adapun juga sampel yang digunakan sebanyak 7 perusahaan dengan jumlah data keuangan dari tiap perusahaan, di ambil 5 tahun terakhir dari 2012 sampai 2016. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Likuiditas, Leverage, dan Price Earning Ratio secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan tetapi tidak secara parsial.
Kata Kunci : likuiditas, leverage, price earning ratio, nilai perusahaan

Author Biographies

Juan V Massie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dean Bisnis

Parengkuan . Tommy, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dean Bisnis

Rosalina A M Koleangan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dean Bisnis

Downloads

Published

2018-01-10