ANALISIS PENGARUH TQM, SISTEM PENGUKURAN KINERJA DAN REWARD TERHADAP KINERJA MANAJERIAL
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1870Abstract
ABSTRAK
TQM merupakan sistem yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan yang melibatkan seluruh anggota organisasi. Penerapan TQM ini juga tidak lepas dari penilaian kinerja karyawan. Oleh karena itu perusahaan membutuhkan sebuah sistem akuntansi manajemen untuk memotivasi perilaku karyawan dengan berbagai cara yang memaksimalkan kesejahteraan organisasi dan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh total quality management, sistem pengukuran kinerja, dan sistem reward terhadap kinerja manajerial pada perusahaan manufaktur PT. Cahaya Murni Raya Industri. Dari hasil penelitian pada PT. Cahaya Murni Raya Industri dapat disimpulkan bahwa secara parsial, TQM dan reward berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajerial, sedangkan sistem pengukuran kinerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajerial. Dan secara simultan, TQM, sistem pengukuran kinerja dan reward berpengaruh terhadap kinerja manajerial pada PT. Cahaya Murni Raya Industri.
Kata kunci: TQM, kinerja, reward, manajerial