ANALISIS BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK UNGGULAN PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v6i2.19873Abstract
Abstrak: Kegiatan pemerintah dalam melakukan pembangunan tidak terlepas dari keberhasilan kinerja dunia perbankan. Perbankan sebagai institusi penunjang yang diberi tanggung jawab oleh pemerintah untuk menghimpun dana masyarakat yang kelebihan dana (surplus dana) dan disalurkan kepada dunia usaha / masyarakat yang kekurangan dana (defisit dana). Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan dunia perbankan sangat bergantung pada keberhasilannya menghimpun dana masyarakat.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, Penjualan Perseorangan dan Pemasaran Langsung berpengaruh secara Simultan terhadap Keputusan Nasabah menggunakan produk unggulan Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. Metode analisis yang digunakan, metode asosiatif untuk mengetahui pengaruh variable Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. Hasil penelitian uji variabel 1 periklanan tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, hasil penelitian menunjukan, uji variable perliklanan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil penelitian uji variabel penjualan perseorangan dan pemasaran langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk meningkatkan Keputusan Pembelian pada Bank Syariah Mandiri, hendaknya ditingkatkan lagi Periklanan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, Penjualan Perseorangan dan Pemasaran langsung di dalamnya.
Kata Kunci: keputusan pembelian periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan perseorangan dan pemasaran langsung.i